Dampak tax amnesty bagi trader


Amnesti pajak atau pengampunan pajak atau sering juga disebut tax amnesty adalah pengampunan atas tunggakan pajak bagi wp yang menunggak atas kewajiban pajak kepada negara. program ini ditujukan untuk menggiring masuk uang warga negara Indonesia yang disimpan diluar negeri. secara langsung program ini akan meningkatkan permintaan terhadap rupiah ketika program ini benar benar berhasil, karena asset wni yang dalam bentuk mata uang asing akan kembali ke dalam negeri dalam bentuk rupiah. 

dengan meningkatnya permintaan terhadap rupiah, maka nilai tukar rupiah akan semakin menguat terhadap apapun mata uang asing yang dipasangkan kepadanya. sebagai contoh misalnya terhadap dollar Amerika. sebelum tax amnesty berjalan nilai tukar rupiah berada pada level 13.500 per us dollar. setelah adanya program ini (sampai saat ini masih berlangsung) kurs rupiah berada pada level 13.000 per us dollar.

Lalu apa dampak bagi trader?

trader forex merupakan yang termasuk terdampak secara langsung. dampak yang ditimbulkan negatif, yaitu penurunan nilai asset yang dimiliki trader. sebagai contoh seorang trader yang melakukan deposit $10.000 sebelum adanya program tax amnesty harus mengeluarkan uang sebanyak Rp. 135.000.000. saat ini jika diasumsikan assetnya tetap (tidak ada penambahan atau pengurangan) maka asset riil yang dimiliki trader tersebut adalah Rp. 130.000.000. ada kerugian sebesar 5 juta rupiah.

jadi menurut saya tax amnesty berdampak negatif terutama bagi orang orang yang menyimpan assetnya dalam bentuk valuta asing. 

Tidak ada komentar: