Pengertian MPC Rate Statement



Brokerforexindo - Monetary Policy Comittee atau sering disingkat dengan MPC adalah sebuah komite bersama pada lembaga Bank Of England yang bertugas untuk mengatur tingkat suku bunga yang berlaku secara nasional di negeri Inggris Raya. Komite ini menerbitkan rilis setiap bulan yang berisi tentang pemberlakuan sukju bunga acuan pada negeri tersebut. 

Trader dengan metode analisa fundamental biasa menanti rilis yang dikeluarkan oleh komite ini. Gunanya adalah untuk menganalisa nilai tukar mata uang Pondsterling terhadap mata uang negara lain. Efek dari pemberlakuan tingkat suku bunga yang berbeda akan menghasilkan nilai yang berbeda. sebagai contoh misalnya komite ini mengeluarkan kebijakan pemberlakuan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari rilis sebelumnya. maka para analis ekonomi dan kita sebagai orang awam pun akan melihat ini sebagai sebuah peningkatan ekonomi fundamental negara tersebut.

Meningkatnya perekonomian secara fundamental akan meningkatkan permintaan terhadap mata uang yang bersangkutan. seiring meningkatnya permintaan yang tidak diimbangi dengan penawaran akan menyebabkan kenaikan harga pada nilai mata uang yang bersangkutan. Efek yang disebabkan oleh rilis ini relatif besar, sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar.

Pengertian MPC Rate Statemen yaitu berita yang dirilis oleh komite kebijakan keuangan (Monetary Policy Comitte) yang berisi tentang suku bunga yang berlaku di negara Inggris. Berita ini dirilis setiap bulan dan memiliki efek yang cukup tinggi pada nilai tukar mata uang.